Ternyata Nyinyir Itu . . .

Setelah beberapa kali menggunakan kata 'nyinyir' di percakapan sehari-hari dan di dunia online seperti milis dan twitter, ternyata selama ini saya salah mengartikan 'nyinyir'. Tadinya saya kira 'nyinyir' artinya mirip dengan kata 'sinis' atau mencibir, tapi setelah dicek di kateglo, ternyata artinya :

Nyinyir:


Hasil pencarian "nyinyir". Menampilkan 1 - 2 dari 2 entri.
n hal (keadaan, sifat) nyinyir;
adj mengulang-ulang perintah atau permintaan; nyenyeh; cerewet;

jadi agak kurang pas kalau misalnya saya membaca sebuah komentar sinis atau tajam lalu menyebutnya dengan 'komentar nyinyir'. Nyinyir ternyata tidak ada hubungannya dengan sinis. Mulai sekarang, saya akan membiasakan menggunakan kata 'nyinyir' dan 'sinis' pada tempatnya, begitu juga dengan kata galau.

Dari tadi sering nyebut kata 'sinis', memangnya 'sinis' artinya apa?. Masih menurut kateglo, arti kata 'sinis' adalah:

Sinis:


sinis

Definisi:
  1. bersifat mengejek atau memandang rendah: ia tersenyum -- melihat orang itu
  2. tidak melihat suatu kebaikan apa pun dan meragukan sifat baik yang ada pada sesuatu: dia sangat -- melihat perkembangan politik dewasa ini



Begitulah, mari berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Sebagai penutup, saya punya pertanyaan yang sedikit melenceng dari pembahasan: "Kenapa setiap komentar sinis terkadang terasa benar?".

Comments

adhitt said…
gak sengaja mampir, akhirnya aku tahu juga artinya "nyinyir"...
Sobat Bercahaya said…
saking penasarannya. Sekarang jadi tau :)
Anonymous said…
Tetapi mengapa koq justru kata 'sinis' itu kedengarannya biasa saja, seolah hanyalah sebuah kritik biasa dan bahkan resmi, kurang 'kejam', kurang 'gaul' dan kurang 'jahat' sedangkan kata 'nyinyir' justru terasanya paaas gitu di tempat kata 'sinis'. Pertanyaannya apakah ada kata yang menggambarkan perasan sinis dan terasa benar-benar 'asli' sinis (jahat)?

Popular Posts