Di Balik Lagu Joan Baez - Here's To You

Currently listening Joan Baez - Here's To You on repeat. Ini lagunya kalo mau ikut dengerin:



Lagu ini sebenernya soundtrack film Sacco e Vanzetti, film yang disutradarai oleh Giuliano Montaldo dan rilis sekitar tahun 1971. Diangkat dari kisah nyata dua anarkis Italia, Nicola Sacco dan Bartolomeo Vanzetti, yang dihukum mati oleh Pengadilan Massachussets atas tuduhan pembunuhan dan perampokan.

Kasus Sacco dan Vanzetti yang sehari-hari bekerja sebagai buruh pabrik dan pedagang ikan keliling ini jadi sorotan internasional karena selain proses persidangannya cukup panjang, pengadilan berkali-kali menolak banding, dan Sacco-Vanzetti pun menolak grasi. Menurut mereka, menerima grasi berarti mengakui kejahatan yang tidak mereka lakukan.

Kenyataannya, di tahun 1970-an, empat puluh tahun setelah mereka dihukum mati, pemerintah Amerika terbukti salah menjatuhkan vonis. Barang bukti berupa pistol dan peluru yang dicari polisi ternyata berbeda dengan pistol milik Sacco dan Vanzetti. Sejarawan Howard Zinn mencatat mereka berdua dijatuhi hukuman mati hanya karena mereka anarkis dan warga negara asing.

Lirik lagu Here's To You ditulis Joan Baez sedangkan musiknya diaransemen oleh komposer hebat Ennio Morricone. Liriknya cuma 4 baris dengan baris terakhir diambil dari statement terakhir Vanzetti pada wartawan, tiga bulan sebelum eksekusi dijalankan. Lagu sekian menit ini isinya cuma 4 baris ini aja diulang-ulang:

Here's to you, Nicola and Bart
Rest forever here in our hearts
The last and final moment is yours
That agony is your triumph


Selain jadi soundtrack Sacco e Vanzetti, lagu ini juga muncul di film The Life Aquatic with Steve Zissou garapan Wes Anderson, dan di game Metal Gear Solid 4 dan 5. Hail Hideo Kojima!.

As for me, di luar cerita kalo lagu ini ternyata lagu tribute, mungkin saya suka lagu ini karena lagunya folk. Atau mungkin karena jarang-jarang ada folk tapi aransemen orkestra. Atau mungkin ya gak aada alasan khusus. Dengerin, suka, trus nempel terus berhari-hari.

Kamu sendiri gimana, lagi suka lagu apa?.

Comments

Popular Posts