Sherlock Holmes Best Episodes: Ranked by Me

Kamu suka nonton serial Sherlock Holmesnya BBC gak? Ituh.. yang Benedict Cumberbatch jadi Sherlock Holmes dan Martin Freeman jadi Dr. Watsonnya. Skenarionya ditulis Mark Gatiss (dalam serial berperan jadi Mycroft Holmes, kakaknya Sherlock), Stephen Thompson dan Steven Moffat.

Where's Mycroft?/Pic: bbc.co.uk

I love the series. Like.. a lot. I don't mind binge watching serial ini mulai dari episode pertama sampe terakhir seharian, trus besoknya diulang lagi, hehehe... Makanya sedih banget denger rumor bahwa season 4 ini jadi season terakhir. Meskipun sempat ada rumor bahwa masih ada kemungkinan akan lanjut ke season 5, tapi dengan berbagai alasan yang muncul (jadwal syuting padat, rating Final Problem yang drop, hubungan Cumberbatch dan Freeman yang dingin, dll) sepertinya gak usah banyak berharap.

Meskipun suka banget sama serial ini, tapi ga berarti kalo aku suka semua episodenya. Ada yang ngebosenin, ada yang biasa aja, ada juga yang bagus banget. Kalo diliat-liat, serial ini tiap episode ada polanya yang kalo dirangkum akan jadi seperti ini:

Episode 1: Pasti bagus. Semacam pemanasan, perkenalan tokoh baru, atau menyambung ending dari season sebelumnya.
Episode 2: Biasa aja, ngebosenin, kadang ga masuk akal, kadang mengada-ada. Sering ada clue untuk episode selanjutnya.
Episode 3: Pasti bagus. Seolah episode permintaan maaf karena episode sebelumnya boring dan sebagai pengingat how awesome this series could be.

Jadi kalau dibikin skor per episode, biasanya episode 1 skornya 8/9, episode 2 skornya 6/7, trus episode 3 balik lagi ke 8/9.

Nah kemarin di Twitter nemu artikel ini: http://www.empireonline.com/movies/features/sherlock-best-episodes/, urutan episode Sherlock dari yang paling bagus ke yang paling buruk. Total ada 13 episode, karena episode spesial The Abominable Bride dimasukin, tapi mini episode Many Happy Returns enggak. Saya banyak gak setujunya sama urutan versi Empire, makanya saya tulis versi saya di sini. Daftarnya saya urutkan dari episode yang paling membosankan ke episode yang paling menyenangkan:

[Contain Spoiler, of course]

14. The Blind Banker (S01E02)
Episode ini kunobatkan sebagai episode paling membosankan karena memang begitulah adanya. Setelah diperkenalkan dengan kasus yang agak rumit di episode 1, The Blind Banker ini malah terlalu berputar-putar dan lambat. 

13. A Study in Pink (S01E01)

Sebagai episode perkenalan, episode ini cukup berhasil bikin saya suka dengan serial ini. Observasi Sherlock Holmes divisualisasikan dengan menarik, ditambah karakter arogan, misterius, dan suka seenaknya dari Sherlock Holmes juga memberi kesan kalau serial ini ga akan ngebosenin kok. Sayangnya kasusnya kurang menarik, or let's say it's just not my favorite case.

12. The Lying Detective (S04E02)
Waktu nonton trailernya, sudah kebayang antagonisnya si Tobey Jones sebagai villain. Tobey Jones itu yang jadi Zola di Captain America: First Avenger. Kecil, pintar dan berbahaya. Saya sempet mikir, mungkin kesan ini juga yang pengen ditampilkan di sini, tapi sayangnya kasusnya ini malah gak jelas apa yang sebenernya mau diangkat.
 
11. The Hounds of Baskerville (S02E02)
Dibandingkan kasus lainnya di seri ini, The Hounds of Baskerville mungkin satu-satunya yang agak mistik, But as we all know, semua pasti ada penjelasan logisnya. It was a bit boring but still fun to watch.

10. The Sign of Three (S03E02)
Hidupnya Sherlock itu kayaknya selalu diikuti oleh kasus yang perlu dipecahkan. Waktu di nikahan John Watson dan Mary aja dia tetap harus mecahin kasus. Tokoh Mary Watson mulai jadi misterius di episode ini.

Mary and John Watson wedding/Pic: bbc.co.uk


9. The Six Thatchers (S04E01)
Episode ini adalah episode tentang Mary Watson. Tentang masa lalu dan masa depannya. Another shocking episode.

8. Many Happy Returns (mini episode)
Pertama kalinya liat Sherlock Holmes bangkit dari kubur. Meksi cuma keliatan siluetnya aja tapi udah bikin excited.

7. The Great Game (S01E03)
Kasusnya mulai bikin stres Sherlock Holmes nih. Mulai menarik, ehehee. Di sini juga Moriarty mulai keliatan psikopatnya. Makanya jangan ngeremehin Jim Moriarty.. *toyor Sherlock

A brilliant, insane genius Moriarty/Pic: bbc.co.uk


6. His Last Vow (S03E03)
Menurut Sherlock Holmes, Magnussen mirip hiu. Pergerakannya, wajah datarnya, mata yang mematikan. Magnussen di sini sebenernya ga jelas jahatnya apa, cuma dia punya informasi penting yang takutnya akan membahayakan hidup John, Mary, dan bahkan Mycroft.

5. The Abominable Bride (Special)
Seru karena penonton diajak main-main ke mind palacenya Sherlock Holmes. Penggambarannya juga bagus. Dan seperti kasus Sherlock Holmes sebelumnya, gak ada itu yang namanya manusia bangkit dari kubur. Semua pasti ada triknya.

4. The Empty Hearse (S03E01)
Yes, Sherlock is alive but how to tell this to John Watson?. Semua orang terdekat Sherlock tahu kalau Sherlock masih hidup kecuali John Watson. Wajar kalau dia marah banget sama Sherlock. Selain ngebahas beberapa teori tentang how Sherlock false his death, kasus episdoe ini juga terinspirasi dari Guy Fawkes Night.

3. The Reichenbach Fall (S02E03)
The day when Sherlock and Moriarty commit suicide, of course. Kasusnya juga seru karena Moriarty set up the whole case untuk menjebak Sherlock Holmes.


Series 4 is getting darker and darker. Did you notice the tone? Oh btw that's Mycroft. Pic: bbc.co.uk

2. The Final Problem (S04E03)
Saya bisa bilang ini episode paling melelahkan dan emosional sepanjang seri. Tegang dan sangat bikin penasaran mulai dari detik pertama. Kata-kata Mycroft yang  bilang bahwa Eurus sangat berbahaya bisa dibuktikan di sini. Menariknya, masih ada jejak Moriarty di sini meskipun dia sebenernya sudah meninggal sejak season 2. And if you really pay attention, clue tentang hadirnya Eurus ini sudah ada sejak episode His Last Vow.

1. A Scandal in Belgravia (S02E01)
Alasan kenapa episode ini jadi paling favorit adalah... jelas karena ada Irene Adler, hehehe. It's good to see our detective falling in love. Apalagi dia berusaha menyembunyikan ketertarikannya ke Irene Adler dengan wajah datar. Sorry kalo alesannya jadi cheesy, tapi enggak kok, teka-tekinya juga menarik. Satu hal yang bisa dipelajari dari episode ini, mulut boleh bohong tapi hati dan badan ga bisa bohong. Hahaha... Gotcha!.

Secara keseluruhan, secara cerita saya paling suka season 2. Mulai dari sweet, lucu dan tegang rasanya paling komplit ada di season 2, paling menghiburlah pokoknya. Kalaupun nanti serial ini akan lanjut sampai season 5, semoga ceritanya makin bagus dan teka-tekinya makin rumit.

What about you, what's your most Sherlock best episode?

Comments

Popular Posts