Lagu Apa Yang Akan Kamu Nyanyikan Sampai Tua Nanti?

Keluarga saya yang dari Solo ini suka banget nyanyi-nyanyi. Setiap ada acara kumpul-kumpul, pasti ada aja yang ngajakin nyanyi. Waktu saya kecil, acara ngumpul lebaran jadi salah satu acara yang ditunggu oleh papa, pakde dan om-om saya karena pasti mereka udah pada siap buat nyanyi bareng. Seringnya papa saya kebagian tugas ngiringin pake keyboard, trus yang lain pada nyanyi. Pernah tuh sampai dimarahin Yangti karena begadangan sampe jam 3 pagi, isinya cuma nyanyi dan maen kartu.

Setelah papa saya meninggal 2003 lalu, tradisinya jadi berubah. Yang bawa keyboard plus ngiringin sudah bukan papa, tapi gantian para sepupu saya. Sayangnya tradisi ini lama kelamaan luntur seiring dengan perkembangan generasi kami ini yang berkembang biak dan makin rempong kalau harus bawa keyboard di saat mudik. Tapi tentu saja om-tante-pakde-bude saya tetap menyanyi, apa pun acaranya, as long as we're happy.

Weekend kemarin, saya, Mama dan Dek Sam berangkat ke Solo untuk acara keluarga. Dan seperti biasa, begitu acara inti selesai, om-tante-pakde-bude sudah siap antre untuk nyanyi. Malah mereka lebih mentingin nyanyi daripada antri makanan (maaf kalau beda prioritas dengan saya).

Yang menarik adalah pilihan lagu mereka tetap sama. Ada Autumn Leaves, trus lagu Benyamin Sueb yang Malam Minggu, dan lain-lain. Itu adalah lagu-lagu andalan yang selalu mereka nyanyikan di setiap acara. Kebayang gak sih, dari mulai lagunya dirilis sampai puluhan tahun berikutnya, mereka ga pernah bosen dengerin dan nyanyi lagu-lagu tersebut.

Trus saya jadi mikir... Ada gak lagu jaman sekarang yang kualitasnya sama kayak lagu-lagu 'evergreen' itu?. Ya memang feelnya beda banget antara lagu-lagunya Everly Brothers, Carpenters, Beatles, Bee Gees, Simon & Garfunkel jika dibandingkan dengan musik-musik 90an. Tapi sebenernya lagu-lagu 90an juga menurut saya legend karena saya tumbuh bersama lagu-lagu tersebut. Tapi ada hal lain yang membuat musik-musik di tahun sebelum saya lahir itu punya kekuatannya sendiri.

Kalau saya disuruh milih lagu apa yang ga akan bosen-bosen saya dengerin, saya milih lagu yang ngingetin ke masa kecil saya seperti Richard Cocciante - Just For You (ini lagu bagus tapi kesannya jadi sedih banget anjir), Bee Gees - Spicks and Specks, atau kalau ke yang agak masa kini ya Iwan Fals - Yang Terlupakan, Natasha Bedingfield - Somewhere Only We Know (Keane cover), Time After Time, semacam itu.

Nah tapi kalau disuruh nyanyiin.. mm... ga tau juga.

Kalau kamu, lagu apa yang akan kamu nyanyikan sampai kamu tua nanti?.




Comments

Popular Posts