17an tahun ini


gambar diculik dari google logo

Tahun ini 17 Agustus jatuh bertepatan dengan bulan Ramadhan, sama dengan 65 tahun lalu. Tidak ada perayaan meriah seperti biasanya. Tidak ada lomba makan kerupuk, panjat pinang, balap karung, dll. Jadi lebih sepi, memang, tapi tidak di twitter. Sejak awal Agustus di twitter sudah ramai tagar mana yang akan digunakan untuk membuat momen hari kemerdekaan Indonesia ini bertengger di twitter. Indonesia memang juaranya twitter, jangan heran kalau tiba-tiba di trending topics muncul kalimat : "Indonesia Wants Paramore", "Marmut Merah Jambu", "Happy Bday Vidi", "Selamat berbuka", bahkan "Bieber-Selena Gomez pacaran". Kadang agak berlebihan memang biggrin. Dari beberapa tagar yang digunakan, rupanya yang berhasil masuk daftar trending topics adalah #Indonesia65, #Merdeka.

Berbarengan tagar itu muncul ucapan, harapan dan kritikan bagi Indonesia. Lucu-lucu. Ada yang pesimis banget, ada yang optimis banget. Tapi dari semua komentar pesimis itu, semuanya keliatan masih menaruh harapan besar sama Indonesia. Benar kata Koil di lagu Sistem Kepemilikan, "Ini adalah negara bodoh yang sangat aku bela". Sebobrok-bobroknya negara ini, ternyata susah untuk tidak jatuh cinta pada Indonesia. Lalu kenapa kalau cinta Indonesia? Kenapa kalau masih peduli sama Indonesia?

Jawabannya hampir sama seperti penutup postingan saya setahun lalu : Bangsa ini bangsamu. Indonesia sudah ada dalam darahmu. Pilih sendiri perjuanganmu untuk Indonesia. Saya juga masih nyari..









.: adiwardhani :.

Comments

Popular Posts