Kenapa Suara Lainnya?

Dulu saya termasuk sebagian orang yang beranggapan kalau lagu-lagu Peterpan hanya bagus kalau dibawakan oleh Peterpan saja. Bahkan ketika idola saya yang lain, Iwan Fals, berduet dengan Ariel, hasilnya tidak terlalu memuaskan. Acara Harmoni di SCTV pernah membuat satu episode khusus yang membawakan lagu-lagu Peterpan, tapi menurut saya tidak ada yang menarik.

Sampai akhirnya saya nonton Grand Final Indonesian Idol di Youtube. Waktu itu Sean featuring Peterpan-tanpa-Ariel menyanyikan lagu Cobalah Mengerti. And i was speechless,.. lagunya jadi bagus banget..

Terus terang lagu Cobalah Mengerti ini bukan favorit saya. Tapi sejak denger versi Sean, lagu ini nempel terus di kepala :D.



Belakangan saya baru tau kalo lagu ini ada di album Suara Lainnya, album instrumen Peterpan. Album ini isinya lagu-lagu lama Peterpan yang diaransemen ulang dan semuannya keren. Ada suara suling yang menghanyutkan di lagu Sahabat, suara biola yang menyayat di Taman Langit dan lagu Walau Habis Terang berubah jadi versi bosas. Lagu Cobalah Mengerti yang dinyanyiin Momo Geisha juga kedengeran jadi lebih megah tapi tetep berasa mellow-nya.

Satu lagi yang beda dari album ini adalah suara pianonya lebih dominan. Mungkin itu juga salah satu alasannya kenapa cover albumnya ada gambar piano. Selain lagu Peterpan yang diaransemen ulang, ada satu lagu baru yang dinyanyiin Ariel judulnya Dara. Sepertinya lagu ini dimasukkan buat obat kangen sama suaranya mas vokalis. Atau, jadi penanda comeback-nya Ariel.

Suara Lainnya adalah cara Ariel dan kawan-kawan untuk menunjukkan bahwa lagu-lagu Peterpan masih bisa dinikmati walaupun tanpa suara Ariel dan Peterpan bisa mengeksplor musiknya jadi sesuatu yang baru dan menyenangkan untuk didengar.

 Jadi album ini wajib beli? Enggak juga. Tapi kamu wajib denger..

By the way, ini cdnya minjem punya mas @ripcu. Dia punya banyak koleksi cd-cd ajaib, nanti kalo pengen pinjem, mention aja di twitternya :D. Terima kasih pinjeman CDnya, mas @ripcu :).

Comments

Popular Posts