Tentang lagu Bongkar - Iwan Fals

Beberapa waktu lalu, ketika masih ribut-ribut soal Cicak-Buaya, di sebuah acara TV saya menyaksikan sebuah dialog politik. Saya tidak terlalu memperhatikan isi dialognya dan siapa yang berdialog, yang saya perhatikan adalah pengisi acaranya : Iwan Fals beserta bandnya. Mereka membawakan sebuah lagu waktu saya masih kecil, lagu yang cukup powerful, lagu yang membuat saya segera membongkar koleksi lagu Iwan Fals di harddisk, lagu yang ditulis sekitar tahun 90an tapi sayangnya liriknya masih relevan dengan keadaan sekarang : BONGKAR.

Sudah lama saya tidak lihat Iwan Fals manggung tanpa lagu cinta, dan saat itu tiba-tiba Iwan Fals muncul dengan lagu Bongkar. Pilihan lagu dan artis yang sangat tepat menurut saya. Iwan Fals dan band pengiringnya tampak menyatu dengan lagu ini. Seolah-olah semua tampak memiliki keprihatinan yang sama, dan semuanya ingin teriak "Bongkar!!" terhadap semua kekusutan yang terjadi di negara ini. Penampilan yang sangat memukau. Sayang harus terpotong jeda iklan.

Lepas dari itu, di edisi bulan Desember 2009 majalah Rolling Stone Indonesia menyusun daftar 150 Lagu Indonesia Terbaik versi Rolling Stone Indonesia, dan lagu Bongkar ada di urutan pertama. Cerita di balik pembuatan lagu ini bisa dibaca langsung di majalah tersebut. Lirik yang kritis khas lagu nasionalis karya Iwan Fals, aransemen yang meletup-letup membuat lagu ini cocok dijadikan soundtrack untuk demo turun ke jalan. Saya setuju lagu ini masuk daftar lagu Indonesia terbaik.

Ngomong-ngomong, sudah pernah dengar lagu Bongkar yang katanya dibajak India versi India?

Comments

Popular Posts